Home » » Kandang Kalkun

Kandang Kalkun

Written By Unknown on Selasa, 17 Desember 2013 | 00.48

Kandang kalkun berbeda-beda dari segi kelompok umur. Besar kecilnya kandang juga berbeda berdasarkan banyaknya kalkun yang dipelihara. Hal ini di maksudkan agar tiap ekor kalkun dapat nyaman bergerak. Apabila kalkun tidak bisa bergerak, maka kalkun agan menjadi stress dan berakibat lambatnya pertumbuhan kalkun.
A.    Kandang Kalkun Usia 0 – 30 hari
Kalkun kecil berusia kalkun usia 0 – 30 hari membutuhkan kandang boks. Untuk diperhatikan bahwasannya kalkun pada usia tersebut membutuhkan kandang suhu yang hangat seperti saat di erami induknya. Banyak kasus para pembeli kalkun khususnya pemula tidak memperhatikan hal itu sehingga akibatnya kalkun yang baru dibeli besoknya mengalami kematian karena kedinginan.
Untuk penghangat, ada banyak cara yang bisa di lakukan yaitu memberikan lampu dengan suhu sekitar 38 derajat. Jangan terlalu banyak memberikan rongga pada kandang sehingga banyaknya angin yang masuk. Alternative kandang yang murah meriah yaitu kardus yang di lobangi. Dan untuk jumlah kalkun pada tiap boks di sesuaikan yang penting hangat dan kalkun dapat bergerak.

B.     Kandang Kalkun Usia  1 – 2,5 Bulan
Kandang pada usia 1 – 2,5 Bulan masih sama seperti kandang kalkun usia  0 – 30 hari hanya saja jumlahnya di kurangi.

C.     Kandang Kalkun 2,5 Bulan Ke Atas
Kalkun terus mengalami pertumbuhan karena hewan ini cepat besar. Pada usia tersebut, lampu penghangat tidak di butuhkan lagi namun kalkun tetap membutuhkan boks. Kalkun usia 2,5 bulan keatas mutlak di berikan kandang boks yang bisa di buat dari bambu. Kandang dari kardus alangkah baiknya tidak digunakan lagi pada kalkun usia tersebut. Selain kecil, berdasarkan pengalaman penulis pribadi pada usia tersebut kalkun akan lompat dari kardus.

D.    Kandang umbaran

Kalkun Yang berusia 4 Bulan Ke Atas sudah bisa di umbar karena kalkun usia tersebut lebih tahan cuaca dan penyakit. Kandang umbaran banyak digunakan oleh masyarakat dalam memelihara ternak apa saja. Yang perlu di perhatikan adalah pagar harus tinggi agar kalkun tidak lepas walaupun kalkun tergolong hewan  yang tidak melarikan diri. Namun hal itu disarankan juga untuk menghindari para predator.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Visitor

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Popular Posts

Popular Posts

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Budidaya Ayam Kalkun - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger